Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Guru SMA Ma'arif NU Ngawi

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Guru SMA Ma'arif NU Ngawi




Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Ngawi mendapat undangan permohonan narasumber dari SMA Ma'arif Ngawi kami berkesempatan untuk berbagi ilmu kepada Bapak Ibu Guru untuk menyampaikan materi yang dapat memudahkan Guru dalam penyampaian proses pembelajaran kepada murid, khususnya di masa pandemi ini para pendidik di tuntut agar kreatif karena halangan protokol kesehatan kegiatan pembelajaran tak bisa lagi dilakukan secara konvensional. Hal ini yang cepat di respon oleh SMA Ma'arif Ngawi untuk mengadakan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menarik dan Pembuatan Google Classroom, Selasa (7/72020) di ruang Lab. Komputer SMA Ma'arif NU Ngawi.


Pada kegiatan ini di buka oleh Kepala Sekolah SMA Ma'arif Ngawi Afifudin Khoir, S.Psi, M.Pd.I , dalam sambutannya mengatakan bahwa guru-guru harus mampu memanfaatkan teknologi dalam setiap pembelajaran. Program pelatihan ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat (guru) di lingkup SMA Ma'arif Ngawi dalam rangka peningkatan kualitas guru-guru di SMA Ma'arif Ngawi, khususnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Program
pelatihan ini juga dilakukan dalam rangka mensukseskan program pemerintah bagi guru-guru agar mereka melek teknologi dan menerapkannya dalam proses pembelajaran yang berujung pada efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. dan waktu pelatihan yang terbatas selama dua hari ini dapat bermanfaat untuk kemudian di kembembangkan lagi oleh guru-guru dalam proses pembelajaran.


Peserta pelatihan ini adalah seluruh guru-guru dari berbagai mata pelajaran kelas 10 - 12 sekitar 15 orang di SMA Ma'arif Ngawi. Dalam sesi pertama ini para guru mendapat materi dan praktek langsung tentang membuat materi pembelajaran yang di dampingi oleh Relawan TIK Ngawi ada Kak Amir Zuhdi, Kak Riskiadi Purwanto, Kak Pujo, dengan menggunakan Microsoft Power Point 2016 , selanjutnya membuat video pembelajaran dengan menggunakan tools Active Presenter untuk merekam penjelasan guru kemudian mengkonversi dalam bentuk video MP4, dan membuat Channel pembelajaran di Youtube sampai menguploudnya.




Baca juga:







Posting Komentar

0 Komentar