Webinar Literasi Digital Nasional Kabupaten Madiun Bersiap Menghadapi Tantangan Global


Revolusi industri 4.0 tidak dapat dibendung, bisnis di segala bidang harus bersiap menghadapi perubahan global dunia yang mengombinasikan manufaktur tradisional dan praktik industri dengan dunia teknologi. Tantangannya tidak hanya bagaimana mengawinkan produksi dan operasi fisik dengan teknologi digital cerdas, mesin pembelajaran, dan big data untuk menciptakan ekosistem yang lebih holistik, tetapi juga bagaimana membangun sistem keamanan terpadu melawan ancaman eksternal dan internal.

Ponemon Institute dalam studinya di tahun 2018 manyatakan bahwa rata-rata kerugian akibat pelanggaran data secara global pada tahun ini mencapai 3.86 juta dolar atau meningkat 6,4 persen dari tahun 2017.

Menurut Breach Level Index, basis data global dari pelanggaran data publik mengungkapkan 945 pelanggaran data menyebabkan 4,5 miliar catatan data dikompromikan di seluruh dunia pada paruh pertama tahun 2018. Dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2017, jumlah data yang hilang, dicuri atau dikompromikan meningkat sebesar 133 persen.

beberapa tantangan utama yang akan dihadapi oleh perusahaan saat masa peralihan industri yang membuka ruang bagi kejahatan siber untuk ikut berkembang dan menjadi ancaman terkini adalah sebagai berikut :

1. Targeted Attack

2. Ransomware

3. Orang dalam/Insider

Dan hal yang paling sederhana dapat kita bisa namun kadang kita lalai menjaganya adalah memahani lagi fungsi PIN, OTP, PASSWORD dan TFA.

Anda tertarik untuk ikut mendiskusikan nya ?? Yuk kita diskusikan bersama kang Panembahan Salokatama terkait hal tersebut. Selain itu ada tema diskusi lain yang gak kalah keren bersama Agus Wijaya (budaya digital), Riskiadi Purwanto (etika digital) dan Romo Iswanto ( kecakapan digital) . Serta ada juga Key Opinion Leader @wagu_watonguyon video creator yang luar biasa

Catat tanggalnya !!!!

Hari/Tanggal : Jumat 30 Juli 2021

Jam : 14.00 – 17.00 WIB

daftar ke http://s.id/kabmadiun3007

Semua dapat e-sertifikat dan bagi 20 orang yg beruntung dapat e-wallet Rp. 100K.

Kegiatan @literasidigitaljatim ini diselenggarakan oleh : @kemenkominfo dan @siberkreasi


#siberkreasi #litersidigitaljatim #digitalsafety #pendekarinformasibijak #penggerakliterasitik

#openmadiun

Posting Komentar

0 Komentar