Rangkaian Peringatan Safer Internet Day 2023 Ke 20 di Laksanakan di SMAS Muhammadiyah 1 Ngawi

 

Ngawi. Pada hari Selasa, 7 Februari 2023, kami merayakan Hari Internet Lebih Aman (SID) – kampanye unggulan tahunan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya tetap aman saat online. Mengusung tema "Bersama untuk internet yang lebih baik", hari ini mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama menjadikan internet sebagai tempat yang lebih aman dan lebih baik untuk semua, terutama untuk anak-anak dan remaja. 
Hermin Widyawati Setyaningrum, S.Pd. selaku kepala sekolah SMAS Muhammadiyah 1 Ngawi memberikan sambutan dan pembukaan pada acara itu.

"Sebagai salah satu institusi pendidikan, kami pernah mengajak para siswa mendampingi pengajiannya dengan cara menggunakan media sosial. Saat itu, kami bertanya kepada siswa tentang apa yang menjadi fokus mereka di dunia digital. Mereka mengatakan bahwa mereka memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berinteraksi dengan media sosial." Ujar Hermin Widyawati Setyaningrum, S.Pd. Kepala Sekolah SMAS Muhammadiyah 1 Ngawi

Kepala Sekolah dalam sambutannya berpesan untuk mengawal dan mempercepat proses pengembangan internet di sekolah, diikuti dengan program digital learning yang bermutu tinggi, kami mengajak semua orang untuk menyampaikan pesan digital.

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengutamakan kemandirian dan kemajemukan, sehingga dapat mensukseskan nilai-nilai kemajemukan di lingkungannya. Sekolah ini sudah menyediakan layanan internet gratis bagi para siswa saat berkunjung ke kelas ataupun untuk menggunakan fisiknya sendiri. 

Sebagai salah satu institusi pendidikan berbasis kompetensi, kami ingin memberikan solusi atas tuntutan pendidikan yang tetap relevan. Untuk itu, kami melaksanakan peningkatan penggunaan teknologi informasi dan Komunikasi (ICT) secara optimal bagi kemajuan dalam proses pembelajaran dan pengembangan profesionalisme guru-guru SMA Muhammadiyah 1 Ngawi.




Sekolah Muhammadiyah 1 Ngawi mengadakan Peringatan Safer Internet Day (SID) 2023, Acara ini di pandu oleh moderator Riskiadi Purwanto yang di isi dengan 2 Narasumber yang kompeten di bidangnya, materi pertama adalah Digital Safety yang di sampaikan oleh Syahru Fauza Romadhoni mengulik seputar keamanan digital di internet dan bagaimana tindakan pencegahan sekaligus jika terkena penipuan, Pemateri kedua di sampaikan oleh Pujo Setyo Nugroho membahas digital skills seperti kemampuan dalam editing video menggunakan aplikasi capcut yang familiar digunakan oleh remaja saat ini. 



" tidak ada platform atau situs yang 100% aman jadi perlu untuk kita membentengi diri kita dari hal - hal yang merugikan seperti pencurian data pribadi, penipuan kode otp, dll." Ungkap Syahru Fauza 


"Diharapkan teman-teman yang mengikuti kegiatan ini dengan mendapat materi tentang keamanan digital dapat menjadi agen atau pelopor dalam menyebarluaskan informasi ke teman atau keluarga terdekat sehingga dapat menjadi langkah prefentif untuh mencegah terjadinya tindak penipuan digital seperti scamming, phising, Social Enginering, Account Take Over." Terang Riskiadi Purwanto.

 



Diakhir setelah sesi tanya jawab dengan peserta, Relawan TIK Ngawi memberikan cindera mata atau doorprize berupa kaos dari ICT WATCH Berteman Aman, Jawara Internet Sehet, my.Id dari PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) kepada tiga penannya yang beruntung ini.

Posting Komentar

0 Komentar