Kemkominfo Selenggarakan Rakernas Relawan TIK Indonesia 2014 di Manado

Manado, Kominfo - Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Bambang Heru Tjahjono membuka secara resmi Rakernas Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ke-II di Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (2/6/2014).

Narasumber Rakernas Relawan TIK Indonesia 2014 Manado
Foto by https://bloggerborneo.com/

Para Peserta Rakernas Relawan TIK Indonesia 2014 Manado
Foto by https://bloggerborneo.com/

Dalam sambutan pembukaannya, Bambang mengatakan, rakernas ini bertujuan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman di antara Relawan TIK yang dihadiri 26 pengurus dari setiap perwakilan Provinsi dan 47 perwakilan Kabupaten/Kota.

Dengan saling bertukar informasi dan pengalaman, dapat membuat rencana kerja yang strategis sehingga dapat memberdayakan TIK dalam mensejahterakan masyarakat, kata Bambang.

Menurutnya, kemampuan untuk menguasai bidang TIK merupakan persyaratan mutlak dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang berbasis perekonomian dan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Untuk itu, lanjutnya, pemanfaatan TIK dalam mewujudkan masyarakat informasi serta membentuk masyarakat berbasis ilmu pengetahuan harus dimulai dengan membuat informasi menjadi lebih mudah diakses oleh segenap masyarakat.

Dengan komitmen dukungan dan kerjasama dari pemerintah pusat, daerah serta peran pemangku kepentingan, kalangan bisnis, perguruan tinggi, komunitas dan masyarkat, maka upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat semakin nyata, ujarnya.

Bambang berharap, dimasa mendatang pembentukan Relawan TIK dapat tumbuh dan berkembang hingga di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mampu mengakar hingga tingkat Kecamatan dan Desa.

Selain memberikan pelajaran seperti sosialisasi internet sehat, cerdas dan produktif, keamanan sistem informasi dan lainnya kepada masyarakat, relawan TIK juga bisa mengawal pemanfaatan pemberdayaan dari pemerintah seperti CAP, M-CAP, PLIK, M-PLIK, Desa Berdering, Desa Pintar, Pusat Rumah Kreatif serta diharapkan sigap dan tanggap terhadap melakukan koordinasi, kolaborasi kerjasama didaerah bencana, pungkasnya (Ajo)

Posting Komentar

0 Komentar