Relawan TIK Ngawi Berbagi Tentang Fitur Google Form dan Microsite Langsung Praktek di Perpustakaan Cerpin Ngawi Purba


Desa Ngawi Purba
, Pelatihan pembuatan Google Forms dan microsites dapat sangat bermanfaat bagi anggota komunitas maupun calon angkatan kerja baru yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi dan perangkat digital. Perpustakaan Cerpin menggandeng Relawan TIK Ngawi untuk memberikan sharing tentang Google Form dan Microsite. Sekitar 15 orang hadir dalam pelatihan itu, dari unsur pustakawan, mahasiswa, lembaga pendidikan, karyawan dan calon karyawan angkatan kerja baru, Jumat (3/2/2023)



Acara pertama ada sambutan dari Suyatno Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Ngawi yang merupakan pembina dari Perpustakaan Desa. Pelatihan diklat TIK di selenggarakan berlokasi di Aula Kantor Desa Ngawi Jl. Cepu, Ngawi, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi. Peserta sangat antusias menyimak dan belajar materi yang mungkin sangat berguna untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka.



Pelatihan ini diawali dengan penyampaian materi Google Form dari Narasumber Pujo Setyo Nugroho, Narasumber kedua di sampaikan oleh Fatku Rochman yang memberikan materi microsite , kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan dilanjutkan praktek, peserta juga di dampingi oleh Farhan Pengurus RTIK Ngawi untuk membantu peserta yang mengalami kendala dalam prosesnya. 

Materi yang di sampaikan salah satunya yaitu:

1. Pengenalan fitur Google Form dan membuat akun
2. Membuat Formulir Online untuk daftar hadir / absensi dan pendaftaran kegiatan
3. Membuat tautan ( link url ) pendek dengan s.id
4. Mempublish hasil 



Google Formulir adalah alat online gratis yang memungkinkan pengguna membuat survei, kuis, dan jajak pendapat yang disesuaikan, yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data atau umpan balik dari responden. Ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pendaftaran acara, pengumpulan umpan balik, dan survei kepuasan pelanggan.

Situs mikro, di sisi lain, adalah situs web kecil yang dibuat untuk tujuan tertentu, seperti mempromosikan produk atau acara, atau berbagi informasi tentang penyebab atau organisasi. Mereka sering digunakan sebagai alat pemasaran atau untuk memberikan informasi tambahan tentang suatu produk atau layanan.

"Alhamdulillah, Terima kasih ilmunya hari ini..🙏🙏Bp.Suyatno dan Ibu Titik Perpusda, Relawan Tik Ngawi  Pemdes Ngawi Allahumma manfaat semuanya Aamiin..🤲." Terang Ira Ahe Walikukun salah satu peserta yang hadir dari lembaga pendidikan

 


Dengan memberikan pelatihan tentang alat-alat tersebut, Perpustakaan Desa Ngawi dan Relawan TIK Kabupaten Ngawi dapat membantu anggota masyarakat untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan baru, yang dapat bermanfaat bagi pengembangan pribadi dan profesional mereka. Pelatihan ini juga dapat membantu mempromosikan literasi digital dan adopsi teknologi di masyarakat, yang dapat berkontribusi pada pembangunan daerah secara keseluruhan.

#saferinternetday2023 #internetsehat #hariinternetaman #literasidigital
#literasiuntukkesejahteraan #inklusisosial #perpustakaandesa
#perpusdescerpin #ngawipurba #rtikngawi #relawantikngawi #banggajadirelawantik

Posting Komentar

0 Komentar