Pengurus Relawan TIK Ngawi Jadi Narasumber Indonesia Makin Cakap Digital 2021 Bersama Jejaring Siberkreasi GNLD dan Kemenkominfo RI

Pengurus Cabang Relawan TIK Ngawi Riskiadi Purwanto berkesempatan menjadi Narasumber Indonesia Makin Cakap Digital 2021 yang di gelar Bersama Jejaring Siberkreasi GNLD "Gerakan Nasional Literasi Digital" dan Kementrian Kominfo untuk berbagi pengalaman tentang Basic Knowlegde dan Rules Usaha Online, Senin (21/06/2021)

poster kegiatan gerakan nasional literasi digital 2021

Program Gerakan Nasional Literasi Digital ini di luncurkan oleh Presiden Ri Joko Widodo sebagai bagian dari upaya percepatan transformasi digital khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia yang di harapkan agar semakin cakap digital.

"Dengan mengucap Bismillah hirohman nirohim saya luncurkan program Literasi Digital Nasional hari ini" Kata Presiden Joko Widodo dalam kehadiran virtualnya

 

Presiden Joko Widodo sebagai Keynote Speech

Kepala Negara juga menekankan bahwa upaya untuk terus meminimalkan konten negatif dan membanjiri ruang digital dengan konten positif adalah kewajiban bersama. 

Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik, yang menyejukkan, yang menyerukan perdamaian, tegasnya.

Ditambahkan Presiden, keberadaan koneksi digital harus dapat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi seluruh masyarakat Indonesia.

 Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas. Perbanyak UMKM onboarding ke platform e-commerce, sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat, tandasnya. 

Kegiatan dilakukan secara online via aplikasi zoom dan live streaming via akun youtube siberkreasi ,

Riskiadi Purwanto, Ketua Bidang Kesekretariatan dan Keorganisasian RTIK Ngawi yang sekaligus Direktur Fefebutik.id dan Neona Decor & Wedding Organizer memaparkan tentang keunggulan usaha online diantaranya:

  • Biaya operasional lebih efektif dan efisien
  • Toko dapat beroperasi 24 jam/hari selama 7 hari/minggu
  • Potensi pasar lebih luas hingga ke internasional/global
  • Katalog produk bisa selalu up to date
  • Tidak memerlukan toko offline/ toko fisik untuk memasarkan produknya
  • Modal lebih kecil untuk memulai usaha
  • Dapat dengan mudah mengenali competitor
riskiadi purwanto sedang menyampaikan materi dari pilar digital ethics

Lebih jauh Riskiadi mengatakan bahwa sebelum terjun di dunia bisnis online kita harus pahimi dulu apa itu Etika Bisnis Online. Jadilah penjual/ pelapak barang/ jasa yang tidak melanggar hukum. Jujur mendeskripsikan Informasi mengenai produk yang dijual (tulisan, gambar/foto produk). Balasan terhadap komen tetap sopan, tidak menyinggung dan tidak mengandung SARA, Bila memberikan promosi, diberitahukan dengan jelas dan masuk akal, Selalu memberikan layanan purna jual.

Narasumber dari RTIK Ngawi - Basic Knowlegde dan Rules Usaha Online

Pilih satu yang sekiranya paling cocok dengan keadaan dan keterampilan anda. Bekerja keraslah untuk bisa menghasilkan dari bisnis online yang sudah anda pilih tersebut. Jangan menyerah sebelum anda menghasilkan profit pertama anda. Jangan jadi kutu loncat. Lihat orang lain sukses dibidang lain anda berubah haluan dan ikut-ikutan. Yang bikin orang-orang tersebut sukses adalah ketekunan di satu bidang, pungkas Riskiadi saat mengakiri materinya tersebut kepada peserta yang hadir.

Selain itu hadir pula Narusumber yang berpengalaman di dunia digital dengan tema-tema yang menarik lainnya seperti:

👉 FERENSA THITANIA

Model, artis, peraih Puteri Remaja Jawa Timur 2021, dengan segudang prestasi yang telah diperoleh akan membagikan pengalaman menjadi Public Figure dan tips-tips literasi digital remaja jaman now agar tidak orang mudah termakan hoax

ferensa titania putri remaja jawa timur 2021


Moderator :

👉 Rudy Yesaya

Ex. Radio Today FM, Gajahmada FM, MC


Pembicara :

👉 MH. Ramdhani Ismar S.ST., M.T.

Dosen Prog. Teknologi Informasi Jurusan Teknik Politeknik Negeri Madiun 

Mengenali Pengunaan VPN dan Dampaknya

👉 Yoga Prisma Yuda, S.Kom., M.Kom

Dosen Teknik Informatika UNIPMA 

Internet Addiction: How Much Is It too Much

👉 Yosep Rusfendi Susianto

Praktisi Komunikasi Dan Digital Konten 

Positif, Kreatif, dan Aman di Internet

Semua peserta mendapatkan gratis e-Certifikat nasional, Doorprize untuk 20 orang yang beruntung berupa @100.000 e-wallet money dari Kementerian Komunikasi dan Informatika

#kemenkominfo #MakinCakapDigital #siberkreasi #literasimadiun #literasidigitalnasional


Posting Komentar

0 Komentar